Badai Raksasa Planet Saturnus Tertangkap Kamera

Pesawat luar angkasa Cassini baru-baru ini memberikan informasi baru kepada ilmuwan dengan menangkap foto di bagian kutub utara Saturnus. Foto ini menunjukkan sebuah perputaran mirip badai atau angin topan raksasa di planet bercincin tersebut. 

 http://anehdidunia.com

Raksasa di kutub utara Saturnus akhirnya terungkap. Pesawat luar angkasa Cassini menyediakan ilmuwan pemandangan terdekat dari perputaran mirip angin ribut raksasa di bagian kutub utara Saturnus. Angin topan ini diestimasi sekira 20 kali lipat lebih besar ketimbang rata-rata angin topan yang ada di Bumi. Dalam foto yang diterima oleh ilmuwan, menunjukkan bahwa terdapat putaran besar, misterius dan berpola tertentu yang astronom sebut sebagai bentuk "heksagon". "Kami dua kali mengambil foto ketika kami melihat pusaran ini karena terlihat seperti badai di Bumi. 

http://anehdidunia.com

Namun, ini ada di Saturnus dengan skala lebih besar," kata Andrew Ingersoll, anggota tim pencitraan Cassini. Lebih lanjut ia mengatakan, kemungkinan di pusaran tersebut terdapat sejumlah kecil uap air dalam atmosfer hidrogen Saturnus. Menurutnya, terdapat kesamaan antara pusaran Saturnus dan angin topan di Bumi. Kemiripan tersebut seperti terdapat bentuk yang memusat dengan tanpa awan atau awan yang sangat rendah. Selain itu, terdapat spiral awan di sekitar pusat pusaran serta perputaran tersebut berlawanan dengan arah jarum jam. Sementara perbedaan yang paling mencolok antara angin topan di Saturnus dan Bumi ialah, angin topan di planet keenam terdekat dengan Matahari ini berputar lebih cepat. Kecepatan pusaran tersebut diyakini lebih cepat empat kali lipat ketimbang di Bumi.

Penulis : sugiharto sirogens ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Badai Raksasa Planet Saturnus Tertangkap Kamera ini dipublish oleh sugiharto sirogens pada hari Selasa, 28 Mei 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Badai Raksasa Planet Saturnus Tertangkap Kamera
 

0 komentar:

Posting Komentar

diooda