Line, aplikasi social media multifungsi terilhami tsunami Jepang


Line, memang nama ini tergolong asing bagi telinga orang Indonesia. Namun aplikasi smartphone ini sangat populer di Jepang. Line yang didirikan karena bencana gempa di Jepang tahun 2011 ini saat ini, informasi dari Reuters (15/08), telah menarik 50 juta orang pengguna. Ingin menambah jumlah pengguna dan jaringan, Line mengincar pasar Amerika Serikat dan China.

Sejarah berdirinya Line dimulai ketika gempa besar yang diikuti tsunami di Jepang pada 2011. Saat itu, karyawan NHN, perusahaan pemilik Line, terpaksa harus berhubungan melalui internet satu sama lain. Oleh karena peristiwa tersebut NHN terinspirasi membangun aplikasi yang mampu melayani berbagai kebutuhan konsumen dalam satu platform.

Line mengizinkan penggunanya untuk berkirim pesan dan panggilan melalui smartphone mereka. Line menggunakan medium internet yang telah ada jadi panggilan dan pesan melalui Line tidak ditarik biaya. Untuk membedakan dirinya dari aplikasi komunikasi yang lain Line menawarkan game, aplikasi kamera dan platform social media miliknya sendiri. Bahkan platform social media Line sendiri juga memiliki timeline dan homepage, mirip dengan Facebook. Aplikasi Line tersedia pada platform iOS dan Android.

Line terkenal Stamps miliknya. Stamps sendiri adalah emoticon lucu, seperti tokoh kartun. Line digemari karena pengguna di jepang yang sangat gemar menggunakan emoticon lucu sebagai pengganti kata.

Line akan memulai promosi di pasar China dan Amerika Serikat pada semester ke dua tahun ini. Mereka akan menggunakan berbagai iklan di banyak website. Line yang populer karena banyak mengandung unsur cute belum tentu akan sukses di pasar negara lain. Namun kecepatan Line meraih pengguna di Jepang mungkin akan membuat pengguna daerah lain tertarik. Sebagai salah satu bukti kepopulerannya Line selalu memuncaki daftar top download App Store milik Apple Inc di 24 Negara.

Penulis : sugiharto sirogens ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Line, aplikasi social media multifungsi terilhami tsunami Jepang ini dipublish oleh sugiharto sirogens pada hari Sabtu, 25 Mei 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Line, aplikasi social media multifungsi terilhami tsunami Jepang
 

0 komentar:

Posting Komentar

diooda