Virus Komputer Lokal yang nakal !

Ada seorang yang menghadapi masalah dimana komputer miliknya dihinggapi sebuah virus, maklum os-nya masih buatan xxxxx (tau sendiri lah). Karena virus tersebut seluruh data miliknya terutama yang berakhiran doc dan xls berubah menjadi berextensi exe.

Segala macam cara telah ditempuh untuk menyelamatkan data tersebut, bahkan yang lebih parah telah diinstal anti virus terhebat dengan update-an yang paling barau. Boro-boro datanya terselamatkan, malah terhapus secara permanet dari komputer. ini di lakukan olah antivirus terebut karena file itu sudah dianggap sebagai virus. Jadi hilanglah semua data tanpa terselamatkan satupun.

Itulah salah satu kasus yang sering kita jumpai di dunia nyata ini (he..he).

Sebenarnya sekarang banyak sekali virus yang menyebabkan dampak seperti tersebut. Baik virus lokal maupun virus import. Namun yang perlu kita soroti adalah virus-virus lokal, banyak sekali sudah bersedar jenis virus yang menyebabkan kerusakan seperti ini.

Untuk pencegahan memang bisa kita gunakan antivirus yang terkenal dengan rutin mengupdatenya. Namun kebanyakan antivirus yang terkenal (bilang aja antivirus import) habat dalam mendeteksi virus lokal ini, namun untuk mebersihkan dan mengembalikan data kita yang terkena tidak bisa, kebanyakan tindakanya adalah menghapus atau mengkarantina file terinfeksi virus tersebut, sehingga data kita tak terselamatkan

Namun jangan meremehkan program antivirus buatan lokal juga, ada antivirus buatan lokal yang bisa menyelesaikan permasalahan ini. Bisa mengembalikan file yang telah menjadi exe kedalam file aslinya (doc atau exel) tanpa catat sedikitpun. Salah satu contoh program antivirus lokal tersebuat adalah PCMAV (PCmedia Antivirus) keluaran PcMedia dan tersedia gratis lewat bawaan cd PcMedia. Antivirus ini bagus untuk membasmi virus lokal, dan akan selalu diupdate secara berkala. Bila menjumpai visrus yang belum dikenal, biasanya PCMedia menyediakan tool khusus yang berdirisendiri untuk membasmi virus tertentu sebelum dibundel dengan PCMAV, jadi mungkin rajin-rajin melihat berita terbaru dari situsnya. Atau juga bisa menggunakan yang lainya, lumayan bervariasi juga untuk program antivirus local yang ada dan bisa kita dapatkan.

Namun terlepas dari terserang virus atu tidak, sebaiknya kita menjaga atau mengantisipasi sebelum terkena virus. Berikut ini trik-trik supaya tidak sering berurusan dengan virus:

1. Pemakaian OS

Hindari atau usahakan tidak memakai OS yang rentan atau menjadi sasaran serangan virus. OS linux masih sedikit virus yang bisa menyerang. Namu jika masih terpaksa memakai windows lihat langkah selanjutnya.

2. Pemakaian Software Antivirus

Pakai software antivirus yang terpercara, dan lakukan update secara berkala. Semua program antivirus bagus asal selalu ter-update

3. Matikan Fasilitas Auto run pada drive/cd/flashdisk

Sumber terbesar pertukaran virus untuk saat ini adalah Flashdisk, usahakan auto run di disable, karena banyak virus yang memanfaatkan fasilitas ini untuk menyebarkan diri.

4. Biasakan membuaka file dari program aplikasinya

Banyak sering kita tertipu dengan penampilan icon file yang telah terinfeksi yang mirip dengan icon file dokumen kita, bila kita buka lewat windows explorer dengan klik ganda itu akan beresiko komputer kita terinfeksi juga, cara yang paling aman adalah dengan membudayakan membuka file doc kita, di buka setelah masuk MS-word, buka dengan prosedure file open (jangan pilih option all file), ini juga akan menampilkan file tersamar tadi, begiu juga untuk format file yang lainya, sesuakian denga program aplikasi pembuatnya.

5. Sering mem-backup data

Lakukan backup data seperlunya, hal ini untuk menghindarai hilangnya data kita jika ada masalah dengan komputer kita.

6. Jangan sembarangan membuka file dari email.

Email juga salah satu media penyebar virus, bila menerima file mencurigakan, harap hati-hati, kalau perlu tidak usah dibuka.

7. Apalagi yah

kayaknya masih banyak ya yang lainya, apalagi ya…sek tak pikir-pikir dulu. Untuk sementara ini dahulu. Atau ada yang mau nambahin, nanti saya masukan.

Penulis : sugiharto sirogens ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Virus Komputer Lokal yang nakal ! ini dipublish oleh sugiharto sirogens pada hari Rabu, 04 Mei 2011. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Virus Komputer Lokal yang nakal !
 

0 komentar:

Posting Komentar

diooda