Matahari Akan Menghembuskan Gelombang Api Super

Siklus 100 tahunan gelombang api super matahari. Sistem listrik, jaringan perbankan dan transportasi bisa lumpuh karena api super matahari. Departemen Pertahanan Inggris akan mengumumkan hal itu pada puncak acara pertemuan ilmuwan dan penasihat keamanan pekan depan.

Gangguan semacam ini dapat melumpuhkan perlengkapan listrik bahkan satelit, dipicu oleh ledakan nuklir atau peristiwa di permukaan matahari. “Seiring kemajuan teknologi kita yang semakin kompleks, ancaman yang mungkin terjadi pun semakin meluas,” katanya.“Semaju apapun kita, rantai keamanan kita hanya akan sekuat jaringan terlemah.” Departemen pertahanan Inggris berencana lebih fokus pada risiko ledakan senjata nuklir di luar angkasa.

Ledakan ini diduga kuat dapat menciptakan pulsa elektromagnetik tinggi. Skenario terburuk yang bisa terjadi akibat ledakan itu bisa membuat kita kembali ke zaman kegelapan. Beberapa ilmuwan mengatakan ada bahaya serupa dari api matahari yang terjadi sekali dalam satu abad.

Api matahari ini memiliki potensi menyebabkan badai geomagnetik di bumi. Pada pertengahan abad 19, api matahari pernah mematikan sistem telegraf, dan beberapa ilmuwan yakin kejadian ini akan terjadi lagi.

Pertemuan Westminister, Electronik Infrastucture Security Council dan Henry Jackson Council akan dipandu oleh Avi Shcnurr mantan penasehat Amerika Serikat (AS) dan membahas ‘api super matahari’ yang terjadi 100 tahun sekali itu.

“Infrastruktur listrik kita tersebar di mana-mana, EMP atau badai geomagnetik dapat mengacaukan infrastuktur ini,” kata Schnurr. Ilmuwan NASA percaya, akibat badai luar angkasa ini Inggris akan mengalami mati listrik dalam jangka waktu yang lama.

Kementrian Pertahanan Inggris sedang melakukan penyelidikan terhadap kebenarannya. Kepala Lembaga Luar Angkasa Inggris David Williams mengatakan dampak negatif yang dapat terjadi di antaranya teknologi akan sangat terganggu, khususnya satelit.

Penulis : sugiharto sirogens ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Matahari Akan Menghembuskan Gelombang Api Super ini dipublish oleh sugiharto sirogens pada hari Selasa, 21 September 2010. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Matahari Akan Menghembuskan Gelombang Api Super
 

0 komentar:

Posting Komentar

diooda