Wi-Fi: Era Hancurnya Tekhnologi Bluetooth

Wi-Fi direct, sebuah spesifikasi terbaru, menyediakan koneksi langsung peer-to-peer antara peralatan peralatan Wi-Fi, tanpa membutuhkan wireless router atau hotspot lagi. Wi-Fi Direct itu sendiri mempunyai potensi penggunaan yang luas yang sebelumnya dikuasai oleh bluetooth.


Ini merupakan kabar yang tidak baik bagi era keemasan blutooth, tapi kabar yang sangat baik untuk kustomer.Spek baru ini di kembangkan oleh Wi-Fi Alliance. Sebelumnya diberi kode “Wi-Fi peer-to-peer” dan akan di keluarkan versi finalnya tak lama lagi.

Seperti yang dikutip dari majalah online komputer PC World, “Produk produk spesifikasi baru ini di harapkan akan muncul paling lambat tahun depan. Peralatan baru ini mempunyai jangkauan dan kecepatan yang sama dengan Wi-Fi tetapi tanpa membutuhkan router ataupun hotspot sebagai akses poin” kata Edgar Figueroa direktur Wi-Fi.Alliance.“Wi-Fi Direct menciptakan kemajuan besar di industri ini. Pengguna Wi-Fi di dunia tentunya bersyukur karna tak lama lagi akan bisa menggunakan satu tekhnologi untuk mentransfer konten dan sharing aplikasi dengan cepat dan mudah antar peralatan yang mereka punya. Kecepatan transfer tehknologi Wi-Fi Direct ini mencapai 250 Mb per detiknya dan jangkauan yang lebih super daripada bluetooth. Walaupun tanpa ada titik hospot dimanapun mereka berada”, tambahnya Figueroa lagi. “Pengaruhnya tentu sangat besar terutama untuk konsumen dan para pebisnis”.

Tentu hal ini akan menjadikan Wi-Fi sebagai pengganti untuk bluetooth yang sebelumnya merajai pasaran. Perkembangan dari Wi-Fi ini menjadikan momok yang menakutkan bagi perusahaan yang telah lama bergerak di bidang bluetooth tekhnologi.

Di akhir tahun 2010 nanti, kita semua mungkin akan menggunakan Wi-Fi Direct untuk semua kegiatan yang sama. Namun di lain pihak, berita ini tidak masih di anggap biasa bagi pengusaha group spesialis bluetooth yang telah mengumumkan keluarnya generasi bluetooth ke 3.0 pada bulan April lalu.

“Kelebihan Wi-fi Direct lainnya adalah kemampuannya yang juga bisa di koneksikan dengan Wi-Fi networks tipe sebelumnya” ujar Figueroa..

“Ini merupakan berita yang bagus. Era Wi-Fi telah sukses besar dalam membantu membangun network jaringan untuk perumahan dan bisnis selama ini. Sebenarnya antara keduanya yakni Bluetooth 3.0 ataupun Wi-Fi Direct seharusnya sama sama dapat dipergunakan untuk kemudahan kegiatan tukar menukar data antar peralatan. Nampaknya akan sangat menarik untuk melihat perkembangan pasar nantinya. Saya sendiri tetap memilih Wi-Fi Direct sebagai pilihan utama”, tandasnya lagi.*pcworld/hana.

Penulis : sugiharto sirogens ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Wi-Fi: Era Hancurnya Tekhnologi Bluetooth ini dipublish oleh sugiharto sirogens pada hari Rabu, 22 September 2010. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Wi-Fi: Era Hancurnya Tekhnologi Bluetooth
 

0 komentar:

Posting Komentar

diooda