Jika Si Kecil Berantem

Jika Si Kecil Berantem . Anda mungkin pernah melihat suatu keluarga dimana kakak adik saling bertengkar , ini membuat anda pusing plus prihatin . Nah sebenarnya hal-hal seperti itu bisa dicegah lo . bagaimana caranya ? 
  • Mempersiapkan kakak sebelum kehadiran adik . jauh sebelum anak kedua lahir , anda bisa melibatkan si kakak dengan aktivitas yang berhubungan dengan menyambut kehadiran adik barunya .
  • Memperlakukan setiap anak sebagi individu yang berbeda , masing-masing anak adalah individu yang unik . oleh sebab itu berikan mereka perhatian sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka masing-masing .
  • Hindari membandingkan . kompetisi memang kerap dilakukan tua untuk memotivasi anak mereka namun jangan sampai anda membanding-bandingkan si adik dengan kakaknya atau sebaliknya karena akan menimbulkan kecemburuan .
  • Menumbuhkan keunikan anak , perhatikan bakat si kecil anda dan kembangkan dengan memberikan kursus atau kegiatan khusus , bakat khusus anak yang terus anda asah akan membangun harga dirnya .
  • Menghabiskan waktu dengan anak sesuai prioritas .anak-anak akan sangat menghargai saat-saat berharga ini , setiap anak punya kebutuhan berbeda , anda mungkin terpaksa tak dapat datang ke sekolah melihat penampilan si sulung di sekolah  karena adiknya sakit , jelaskan hal ini kepada kakak sebaik mungkin , bila memungkinkan minta pasangan andamenggantikan anda .
  • Membuat batasan yang jelas . ajarkan kepada anak-anak bahwa mereka perlu saling menghargai dan jangan saling mengejek . minta ijin ketika akan meminjam barang milik saudaranya .
  • Mendengarkan perasaan anak . mendengarkan perasaan anak penting untuk mengetahui apa sesungguhnya yang menjadi penyebab pertengkaran .
  • jangan memihak . biarkan anak-anak menyelesaikan sendiri pertengkaran mereka . kecuali jika mereka tampak membutuhkan anda memfasilitasi komunikasi keduanya .
  • Menghindari memupuk kebiasaan mengadu , saat si kakak lari pada anda dan mengatakan adiknya merusak mainannya , katakan padanya bahwa anda tidak tertarik pada apa yang di lakukan adiknya , namun anda tertarik pada apa yang tengah dilakukannya .
  • Memberikan reward untuk perilaku kooperatif  pemberian reward dilakukan untuk memperkuat perilaku , ini agar anak mengerti bahwa perilaku inilah yang diharapkan .

Penulis : sugiharto sirogens ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Jika Si Kecil Berantem ini dipublish oleh sugiharto sirogens pada hari Rabu, 29 Mei 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Jika Si Kecil Berantem
 

0 komentar:

Posting Komentar

diooda